Prediksi Pasut - Tidal Prediction

Sabtu, 29 Agustus 2009

Di sini metode yang digunakan dalam melakukan prediksi pasut adalah dengan menggunakan metode Least Square. Metode lainnya yang lebih sering digunakan dalam melakukan prediksi ini adalah dengan menggunakan metode ADMIRALTY.

Program yang digunakan dalam melakukan perhitungan mengenai prediksi pasut disini adalah dengan menggunakan bantuan program MATHCAD, disebabkan kesederhanaannya dalam melakukan perhitungan serta fungsi-fungsi built-in yang tersedia didalamnya sudah dapat memfasilitasi regresi untuk fungsi-fungsi polinomial. Fungsi regresi yang digunakan dalam MATHCAD adalah dengan menggunakan fungsi GENFIT (general fitting curve). 
Mengapa menggunakan metode least square dalam mencari nilai-nilai amplitudo dari konstituen utama gelombang ? Karena penyelesaian secara eksak persamaan harmonik gelombang dalam menentukan nilai amplitudo tersebut tidak mungkin dilakukan, disebabkan jumlah variabel yang tidak diketahui (amplitudo dari konstituen gelombang) adalah lebih kecil daripada jumlah data yang tersedia. Penyelesaian dengan menggunakan metode matriks akan menghasilkan matriks singular. Sehingga dalam melakukan prediksi pasut dengan metode least square ini, parameter yang dapat dijadikan acuan dalam menentukan solusi dari persamaan-persamaan tersebut adalah nilai korelasinya (error minimum). Gambar di bawah memperlihatkan hasil prediksi pasut dengan menggunakan metode least square ini.

0 comments:

Waktu Shalat

Waktu Indonesia Barat

Blog's Stat

Pengikut